Makanan Untuk Meningkatkan Kualitas Sperma

By | 28/11/2014

Bagi pasangan suami istri yang sudah 1 tahun lebih belum mendapat momongan bisa mencoba terapi konsumsi makanan untuk meningkatkan kualitas sperma. Bagi pria kandungan nutrisi yang ada dalam beberapa makanan sangat bermanfaat untuk meningkatkan produksi sperma, meningkatkan motilitas sperma serta mencegah kerusakan DNA sperma.

Kualitas sperma yang baik harus aktif, bentuk sperma normal, jumlah sel sperma banyak dan cairan mani yang keluar dalam sekali ejakulasi juga mencukupi standar. Banyak pria yang ternyata menjadi sebab belum hamilnya seorang istri. Kualitas sperma yang rendah menjadi kasus yang sering dijumpai. Nah untuk itulah tidak ada salahnya memulai usaha dengan memperhatikan asupan dari beberapa makanan berikut ini:

makanan untuk meningkatkan kualitas sperma

makanan untuk meningkatkan kualitas sperma

Beberapa Kandungan Makanan Untuk Meningkatkan Kualitas Sperma

1. Vitamin B6
Vitamin B6 sangat bermanfaat untuk kesuburan sperma, hal ini dikarenakan vitamin B6 merupakan salah satu nutrisi yang dapat mengatur hormon. Beberapa sayuran dan buah yang mengandung vitamin B6 adalah tauge (kecambah), kentang, sawi, lobak, asparagus, kembang kol, paprika, brokoli, melon, alpukat, tomat, semangka pisang dan lain-lain. Nah ada yang penting lagi lho bahwa beberapa diantara sayuran dan buah tersebut selain mengandung vitamin B6 juga berkhasiat untuk mengurangi resiko penyakit kanker prostat.

2. Antioksidan Tinggi
Beberapa sayuran dan buah yang mengandung antioksidan tinggi sangat bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan sperma pada laki-laki. Ada beberapa jenis buah yang dapat dikonsumsi untuk memperbaiki kualitas sperma karena mengandung antioksidan yang tinggi seperti plum, blueberry, blackberry, strobery, kiwi, kismis dan anggur. Kandungan antioksidan yang tinggi dapat menangkal radikal bebas yang dapat merusak jaringan sistem reproduksi pada pria.

3. Asam Folat
Asam folat sangat berpengaruh pada kualitas sperma yang baik. Asam folat dapat membantu untuk menghasilkan produksi sperma yang optimal. Beberapa buah dan sayuran yang mengandung asam folat adalah wortel, tomat, kacang-kacangan, labu, jagung, bit, alpukat, kecambah, sayuran berdaun hijau tua, buah jeruk, brokoli dan asparagus.

4. Selenium
Beberapa makanan dan sayuran yang mengandung selenium adalah brokoli, ubi jalar, bayam, bawang putih, semangka, tiram dan jamur. Selenium merupakan nutrien yang sangat bermanfaat bagi laki-laki untuk memperbanyak produksi jumlah sperma serta meningkatkan motilitas sperma (kemampuan sperma untuk bergerak ke arah yang tepat dan menemukan sel telur untuk dibuahi).

Itulah beberapa makanan untuk meningkatkan kualitas sperma. Insya alloh mengatur pola makan yang sehat merupakan cara meningkatkan kualitas sperma yang terbaik. Oh iya satu lagi yang perlu kita ketahui bahwa ternyata tauge atau kecambah merupakan sayuran yang mempunyai pengaruh terhadap kesuburan dan merupakan sayuran yang bisa dikonsumsi oleh pasangan suami istri yang sedang menjalani program kehamilan. So… ini bukan mitos melainkan sebuah fakta ya.

Tentunya selain mengkonsumsi makanan untuk meningkatkan kualitas sperma, pasangan suami istri juga perlu memperhatikan pola hidup sehat seperti menjauhi alkohol dan rokok. Menghilangkan stres dan membuat rileks juga sangat penting ketika sedang dalam program memiliki momongan.

Semoga dapat bermanfaat dalam usaha memperbaiki kualitas sperma, sperma yang subur, sehat, aktif dan banyak insya alloh akan dapat meningkatkan prosentase keberhasilan dalam memiliki buah hati yang sudah didambakan. :)

banner 3 cara memperbanyak sperma secara alami

One thought on “Makanan Untuk Meningkatkan Kualitas Sperma

  1. Pingback: Cara Memperbaiki Kualitas Sperma - Cara Memperbanyak Sperma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *